Yang Membatalkan Puasa

Yang Membatalkan Puasa

0

Patutlah kita sebagai umat muslim yang beriman berbahagia menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena dengan bergembira saja, kita akan mendapatkan pahala. Sungguh luar biasa bukan !! Apalagi jika kita berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dan ditambah ibadah-ibadah sunah serta memperbanyak sedekah dengan ikhlas, sudah pasti kita akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar seperti yang telah dijanjikan Allah SWT. Rasulullah bersabda :

” Kecuali puasa yang dikerjakan untuk Ku, maka Aku-lah yang membalasnya. Dia menahan syahwatnya dan meninggalkan makan kerana Aku” Bagi orang yang puasa itu ada dua kegembiraan, iaitu gembira ketika berbuka (atau berhari raya) dan gembira ketika menemui Tuhannya kelak. Dan, demi bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum daripada bau kasturi.” (Riwayat Muslim dari Abu Hurairah)

Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan hendaknya kita memahami atau fiqih puasa agar puasa kita sempurna di mata Allah swt, seperti rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, hal merusak pahala puasa, tata cara berpuasa dan sebagainya. Sehingga kita dapat menjalankan puasa tanpa keraguan, apakah puasa kita sah atau tidak berkaitan dengan hal-hal yang belum pernah diketahui, sebagai contoh menelan ludah adalah tidak membatalkan puasa.

puasa 5 300x224 Yang Membatalkan Puasa

Hal Yg Membatalkan Puasa

1. Makan atau minum secara disengaja.

Jika orang lupa dirinya berpuasa, maka tidak batal tapi harus segera dihentikan aktifitas makan dan atau minumnya itu dan melanjutkan puasanya, dengan begitu puasanya tetap sah.

2. Bersenggama atau jima

Dimaksudkan melakukan jima pada siang hari secara sengaja dengan pasangan dan mengakibatkan puncak syahwat.

3. Menghisap rokok

Menurut fatwa MUI, merokok hukumnya haram bagi orang tertentu (anak kecil, ibu hamil) dan makruh secara keseluruhan. Jika menghisap rokok dalam keadaan berpuasa, maka puasanya batal.

4. Masuknya makanan atau cairan ke dalam tubuh.

Contohnya adalah infus, disebabkan dalam cairan infus mengandung makanan atau cairan protein.

5. Keluarnya sperma atau air mani secara disengaja atau sadar

seperti onani, atau sebab lain yang sejenis.

6. Keluarya darah haid dan nifas.

Jika wanita sedang haid, ia diharamkan membuka Al-Qur’an, demikian juga dengan untuk berpuasa. Bagi mereka diwajibkan mengganti puasa di lain waktu, sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan.

7. Muntah secara disengaja

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. ” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).

8. Murtad atau keluar dari Islam atau perbuatan menyekutukan Allah

Allah Ta’ala berfirman :ā€¯Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. (Al-An’aam: 88).

Semoga kita terhindarkan dari segala perbuatan yang menyekutukan Allah swt. dan diberikan rahmat yang melimpah agar kita termasuk dalam golongan jannah. Amin.

Suka Kue Lainnya?

  1. Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan
  2. Fiqih Puasa Ramadhan
  3. Manfaat Puasa
  4. Rukun Puasa
  5. Pahala Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.