Tujuan Puasa Ramadhan

Tujuan Puasa Ramadhan

0

Jika kita merenung lebih dalam, kenapa Allah swt memerintahkan kita berpuasa, khususnya di bulan Ramadhan, maka niscaya kita dapat memahami bahwa puasa dapat melatih kita untuk menahan diri dari segala sesuatu termasuk hawa nafsu dan perbuatan keji. Inti dari semua itu adalah ketaqwaan.

Puasa adalah ibadah yang sangat pribadi, yang hanya ditunjukan untuk Allah, seperti dalam Hadist Qudsi, Allah SWT berfirman

“Puasa adalah untukku semata, dan akulah yang mengganjarnya.”

Dapat dipahami bahwa tujuan puasa Ramadhan adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt. tidak ada orang yang mampu menilai kualitas puasa kecuali Allah dan tiada ibadah selain puasa yang bersifat sangat pribadi yang tidak dikerjakan secara berjamaah.

 

Pengertian Puasa Ramadhan

Puasa berarti menahan, tidak sekedar menahan dari rasa lapar dan dahaga tetapi menahan dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dan juga hal yang bisa merusak pahala puasa. Seperti berkata tidak jujur, ingkar janji, menggunjing, berbicara kotor dan sebagainya. Intinya bahwa kita harus mampu menahan dari segala sesuatu yang dapat memalingkan perhatian kita kepada Allah swt. karena sifat pribadi puasa yang hanya ditujukan kepada-Nya.

ramadhan mubarak 300x180 Tujuan Puasa Ramadhan

Manfaat Puasa Ramadhan

Banyak sekali manfaat puasa Ramadhan yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Salah satu manfaat puasa yang paling penting adalah dapat merasakan Dzat Allah yang maha ghoib. Kenapa demikian ? Kenapa orang mau bersusah-susah puasa menahan hawa nafsu, menahan lapar, dahaga dan godaan yang besar ? Karena mereka tahu bahwa ada Dzat yang maha gaib yang mengawasi tindak tanduk mereka, tanpa ada kelengahan sedikit pun yang luput dari pengawasanNya.

Karena sesungguhnya, jika orang benar-benar mampu merasakan kegaiban Allah SWT. dengan berpuasa, ganjaran yang didapatkan adalah pengampunan dosa yang telah lalu dan yang akan datang.

“Ia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena puasa untuk-Ku, dan aku yang akan membalasnya, dan kebaikan itu akan digandakan sepuluh kali lipatnya.”

“Sesungguhnya dalam surga ada satu pintu yang di sebut dengan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasuki pintu tersebut pada hari kiamat, tidak ada selain mereka yang akan memasukinya. Jika orang terakhir yang berpuasa telah masuk ke dalam pintu tersebut maka pintu tersebut akan tertutup. Barang siapa yang masuk, maka ia akan minum dan barang siapa yang minum maka ia tidak akan haus untuk selamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sungguh besar ganjaran yang bisa kita dapatkan, jika kita mengerjakan perintah Allah swt. Tidak ada nikmat yang lebih besar dari pengampunan dosa yang telah lalu dan yang akan datang. Semoga kita mendapatkan keridhaan Allah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Amien

Suka Kue Lainnya?

  1. Ayat Tentang Puasa Ramadhan
  2. Hikmah Puasa Ramadhan
  3. Hadist Puasa Ramadhan
  4. Dalil Puasa Ramadhan
  5. Niat Puasa Bulan Ramadhan
Detail :
Tujuan Puasa Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 13 Rating: 5.0
Artikel

Comments are closed.