Tips Puasa Ramadhan

Tips Puasa Ramadhan

0

Sebagai bulan yang diberkati, kita perlu mempersiapkan Ramadhan sedemikian rupa sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari bulan ini. Bagi banyak orang, Ramadhan datang dan pergi. Namun, sangat sedikit orang yang benar-benar mendapatkan keuntungan dari bulan besar ini.

Ramadhan tahun ini, datang pada puncak musim panas. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri dengan baik agar kita dapat menjalankan puasa dan mendapatkan barokah yang melimpah. Ada beberapa tips kesehatan selama menjalani ibadah puasa, sebagai berikut:

10 basic tips ramadhan 300x209 Tips Puasa Ramadhan

Tips Ramadhan

  1. Sebelum Ramadhan, bagi anda yang sedang sakit, berkonsultasilah dengan dokter berkaitan dengan kemanan berpuasa tentang keadaan kesehatan anda.
  2. Ketika santap sahur, pastikan bahwa anda mendapatkan nutrisi, dan gizi yang baik dalam makanan anda, sehingga terhindar dari kekurangan gizi atau sakit. Perbanyak minum air putih dan hindari minuman manis atau yang mengandung gula berlebihan.
  3. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa, yang justru malah memberatkan dan menggangu sistem pencernaan tubuh. Makanlah sewajarnya dan pastikan anda meminum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh anda !
  4. Olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, paling baik dilakukan di malam hari.
  5. Hindari makanan gorengan yang mengandung minyak berlebihan dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.
  6. Buat rencana untuk menu makanan berbuka dan sahur selama Ramadhan. Ini berfungsi untuk menjaga bahwa makanan anda sesuai dengan kadar asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.
  7. Atur jam tidur anda, tidur yang cukup sehingga anda dapat beraktivitas di siang hari dengan segar. Biasakan tidur lebih awal dari hari-hari biasa, setelah shalat tarawih.
  8. Persiapkan makan sahur, satu jam sebelum fajar datang, sehingga anda tidak terburu-buru untuk santap sahur. Maksimalkan waktu sahur hingga terbitnya fajar.
  9. Ketika siang hari, jauhkan dari aktivitas yang tidak berguna untuk menghemat tenaga anda, sehingga tidak terlalu letih dan capek.
  10. Berbukalah segera, ketika tiba waktu berbuka !

Demikian tips puasa dan kesehatan badan, semoga akan sangat berguna bagi anda agar puasa kita mendapat ridha Allah dan juga kesehatan kita terjaga selama menjalani ibadah puasa.

Suka Kue Lainnya?

  1. Persiapan Puasa Ramadhan
  2. Puasa Ramadhan
  3. Kue Untuk Berbuka Puasa
  4. Hikmah Puasa Ramadhan
  5. Doa Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.