Rahasia Puasa Ramadhan

Rahasia Puasa Ramadhan

0

Semoga Allah swt. menuntun kita untuk lebih dekat kepada-Nya dalam bulan suci yang diberkati ini, meningkatkan ibadah kita, memurnikan niyyah kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan menjadikan kita masuk dalam kalangan masyarakat Jannah.

Ramadhan akan sulit, tapi itu juga merupakan saat kritis dari pertumbuhan rohani. Jika kita ditanya apa sebenarnya rahasia puasa Ramadhan ? Jawabannya adalah sederhana, kesulitan. Rasa lapar, haus, kering, lemah dan kekurangan energi saat menjalani rutinitas sehari-hari, bekerja, sekolah, merawat anak-anak, dan kemudian berdoa di malam hari, kurang tidur sampai kita merasa lelah dan lemah. Semua itu adalah rahasia kemuliaan Ramadhan.

sahara Rahasia Puasa Ramadhan

Ramadhan Penuh Hikmah

Rahasia Ramadhan adalah kekurangan. Ini adalah rahasia umum, tapi begitu banyak orang gagal untuk memahami itu. Mereka tidur sepanjang hari selama bulan Ramadhan, kemudian bersosialisasi dan makan malam. Mereka justru bertambah berat badannya selama bulan Ramadhan. Mereka kehilangan poin seluruh Ramadhan.

Kita seharusnya mengalami kesulitan. Kita harus bangun malam untuk bedoa, dan bersahur hingga menjelang Fajar untuk sholat Shubuh, pergi ke tempat kerja, melakukan rutinitas kita sehari-hari, dan kemudian merasakan kesusahan di siang hari, bahkan di malam hari. Kita harus meningkatkan shalat (doa), dzikir, dan membaca Quran. Kita harus mencari kesulitan Ramadhan.

Ketika kita melakukan ini dengan tulus untuk mencari ridha Allah,  niscaya, pengampunan datang membanjiri kehidupan kita. Bayangkan jika kita menjalani Ramadan seperti Nabi Muhammad saw. dan para sahabat, melakukan puasa pada suhu yang panasnya mencapai 80 derajat, dan harus terus bekerja menggembalakan ternak, merawat tanaman, perburuan, kegiatan perdagangan, bahkan melawan pertempuran, dan kemudian berbuka puasa dengan sedikit kurma, secangkir susu, dan mungkin beberapa potong daging jika mereka sedang beruntung.

Memang, banyak dari kita mengalami kesulitan dari jenis yang berbeda. Mungkin masalah ekonomi, keluarga, dan apapun itu. Tapi, nikmatilah kesusahan dan kesulitan itu, karena jika kita mampu melewatinya, surgalah ganjarannya. Mari, jadikan Ramadhan sebagai obat yang menenangkan jiwa kita dan memurnikannya. Mari, jadikan Ramadhan sebagai pengingat kita tentang nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.

Ya Allah, untukMu lah kami berpuasa, dan dan karena nikmatMu kamu berbuka puasa. Segala puji kepada-Mu, yang memberi kami makan, dan memberi kami minum, dan menjadikan kami Muslim. Menyucikan kita semua selama bulan ini, membebaskan kita dari beban kita, dan mengampuni dosa kita. Amien.

Suka Kue Lainnya?

  1. Persiapan Puasa Ramadhan
  2. Puasa Ramadhan
  3. Khutbah Puasa Ramadhan
  4. Puasa Ramadhan dan Hikmahnya
  5. Doa Niat Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.