Persiapan Puasa Ramadhan

Persiapan Puasa Ramadhan

0

Ramadhan penuh hikmah, sambutlah dengan suka ria Marhaban Ya Ramadhan. Sebelum itu, kita perlu melakukan persiapan agar kita dapat menjalani ibadah puasa dengan khusyu untuk mencapai ridha illahi.

Untuk menghadapi puasa yang penuh dengan kesulitan, cobaan dan godaan. Kita harus melakukan persiapan puasa dengan baik, dari segi jasmani maupun rohani. Apa yang harus dipersiapkan menjelang Ramadhan ?

menyambut bulan ramadhan Persiapan Puasa Ramadhan

Persiapan Ramadhan

Selain persiapan fisik, kita juga perlu mempersiapkan rohani kita, perbaiki segala perbuatan dan bersihkan diri untuk menyambut Ramadhan penuh berkah.

Persiapan Fisik

Sebulan penuh tanpa makan dan minum di siang hari dengan aktifitas yang tinggi tentu hal yang sangat berat bagi anda yang memiliki kondisi tubuh kurang baik. Alangkah baiknya bagi anda yang sedang sakit, atau dalam perawatan, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan anda. Perhatiakan kondisi fisik anda sebelum melakukan ibadah puasa.

Persiapan Rohani

Berpuasa artinya menahan dari segala sesuatu yang dapat membatalkan dan merusak pahala puasa. Oleh karena itu, persiapan rohani yang perlu anda lakukan untuk menyambut Ramadhan adalah dengan latihan puasa sunnah. Misalnya puasa Senin Kamis, Puasa Syaban, Puasa Daud dan sebagainya. Selain mendapatkan pahala puasa sunnah, kita akan terbiasa dan terlatih dengan kesulitan dan godaan dalam menghadapi puasa yang lebih besar lagi yaitu puasa Ramadhan

Persiapan puasa dari segi rohani yaitu dengan mempelajari dan memperdalam ilmu tentang Islam, fiqih puasa, penyempurnaan shalat, memperbaiki cara membaca Al-Qur’an dan pengamalan hadist.

“Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan kepadanya, maka Allah mudahkan pendalaman dalam menuntut ilmu agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Tips Puasa Ramadhan

Ada beberapa tips puasa Ramadhan yang mungkin akan membantu anda dalam persiapan puasa Ramadhan.

1. Atur Aktifitas Anda

Ketika kita memasuki bulan Ramadhan, tentu saja aktifitas sehari-hari kita akan sedikit berubah dari hari-hari biasa. Kadang kita akan kesulitan mengatur waktu, misalnya jadi kurang tidur karena bangun malam untuk shalat malam atau sahur, yang dapat mengakibatkan lesu dan kurang semangat di siang hari. Oleh karena itu, atur ulang segala aktifitas anda.

2. Tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat

Di hari-hari biasa atau khususnya malam minggu, kadang hanya nongkrong atau hang out dengan teman, mengerjakan atau membicarakan hal-hal yang kurang bermanfaat. Tinggalkan itu, dan perbanyak ibadah dan shalat sunnah tarawih akan lebih baik.

3. Atur menu buka puasa dan sahur selama puasa

Kita butuh makanan yang mengandung gizi tinggi dari hari-hari biasa, bukan berarti kita berlebihan dan justru kehilangan makna puasa. Makan yang sederhana, tetapi mengandung gizi, bukan berarti hal yang mahal.

Suka Kue Lainnya?

  1. Rahasia Puasa Ramadhan
  2. Tips Puasa Ramadhan
  3. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  4. Hikmah Puasa Ramadhan
  5. Sejarah Puasa Ramadhan
Detail :
Persiapan Puasa Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 12 Rating: 5.0
Artikel

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.