Pahala Puasa Ramadhan

Pahala Puasa Ramadhan

0

Ramadhan adalah bulan agung penuh berkah dan ampunan. Memang secara umum, kata puasa telah disebut sebanyak 92 kali dalam Al-Qur’an, tetapi Allah swt. memberikan keistimewaan bulan Ramadhan dengan ganjaran pahala berlipat bagi umat muslim yang menjalankah ibadah puasa Ramadhan.

Perlu diketahui bersama pahala puasa apa saja yang akan kita dapatkan, jika kita kusyu menjalani ibadah puasa, untuk menyemangati kita meraih apa yang di janjikan oleh Allah swt. Apa saja yang dijanjikan oleh Allah untuk kita yang menjalankan puasa ?

 

Pahala Puasa

Pahala Puasa Ramadhan yang pertama adalah Allah akan berikan kepada ahli puasa dengan menjauhkan wajahnya dari siksa api neraka. Matanya tak akan sampai melihat pawai arak-arakan neraka dalam bentuk apapun. Rasulullah yang mulia bersabda,

“Barangsiapa berpuasa satu hari demi di jalan Allah, dijauhkan wajahnya dari api neraka sebanyak (jarak) tujuh puluh musim.”

Pahala puasa yang kedua adalah di saat puasa inilah Allah memberi keistemewaan dengan menjadikan segala aktivitas orang yang berpuasa sebagai ibadah dan ketaatan kepada-Nya. Karenanya, orang yang berpuasa dan ia meninggalkan ucapan yang tidak berguna (diam) adalah ibadah serta tidurnya dengan tujuan agar kuat dalam melaksanakan ketaatan di jalan-Nya juga ibadah. Dalam satu hadits riwayat Ibnu Mundih dinyatakan,

“Diamnya orang yang berpuasa adalah tasbih, tidurnya merupakan ibadah, dan doanya akan dikabulkan, serta perbuatannya akan dilipatgandakan (pahalanya).”

Pahala yang ke tiga adalah diantara cara Allah memuliakan orang yang berpuasa, bahwa Allah menjadikan orang yang memberi makan berbuka puasa pahalanya sama persis dengan orang yang berpuasa itu sendiri meski dengan sepotong roti atau seteguk air. Dalam satu riwayat Nabi bersabda,

“Seseorang yang memberi makan orang yang puasa dari hasil yang halal, akan dimintakan ampunan oleh malaikat pada malam-malam Ramadhan…meski hanya seteguk air.” (Hr. Abu Ya`la).

Keluhan Pelanggan 300x240 Pahala Puasa Ramadhan

Yang Membatalkan Pahala Puasa

Tidak sedikit orang yang hanya berlapar-lapar dan haus saja, dengan artian mereka tidak mendapatkan pahala apa-apa, walaupun mereka tidak membatalkan puasanya. Kenapa demikian ? Tentu kita tahu bahwa, puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus, tetapi menahan segala sesuatu yang membatalkan atau merusak pahala puasa, seperti berkata bohong, tidak menepati janji, mengumpat orang lain, berkata yang tidak memiliki makna atau manfaat, dan sebagainya.

Demikian juga jika pikiran kita berpaling dari Allah swt, atau tidak berniat sungguh-sungguh berpuasa karena Allah. Atau secara tidak sengaja melakukan demikian, misalnya tertawa terbahak-bahak, karena sesungguhnya tertawa berlebihan itu merusak ketaqwaan, ketika tertawa terbahak kita sudah melupakan Allah, maka segeralah mengucap “astagfirullah al’adzim”. Karena sesungguhnya Allah tidak suka dengan orang yang berlebihan.

Puasa adalah mensucikan jasmani dan rohani. Kita harus bersungguh-sungguh menjalankannya karena Allah, menjaga sikap kita dari perbuatan tercela, agar kita diberi ganjaran pahala puasa yang sangat besar, sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Allah swt.

Suka Kue Lainnya?

  1. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  2. Doa Puasa Ramadhan
  3. Fadilah Puasa Ramadhan
  4. Fiqih Puasa Ramadhan
  5. Hakekat Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.