Niat Puasa Bulan Ramadhan

Niat Puasa Bulan Ramadhan

0

Berbahagialah kita telah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan penuh berkah dan ampunan agar kita senantiasa bertawaqal kepada Allah SWT. Kita wajib berpuasa Ramadhan dengan niat yang tulus hanya untuk Allah semata.

Syarat sah puasa adalah dengan niat dalam hati dengan tekad yang bulat karena Allah swt. Niat puasa Ramadhan harus diucapkan atau dilafalkan dalam hati pada malam hari atau sebelum fajar menyingsing. Dengan niat yang khusyu, niscaya ibadah puasa kita diterima oleh Allah swt, tentunya dengan meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkannya serta meninggalkan hal yang dapat merusak pahala puasa kita.

BismillahArabic 300x96 Niat Puasa Bulan Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضشـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـَّهِ تـَعَالىَ

 

Nawaitu saumagadin an’adai fardisyahri ramadhana hadzihissanati lillahita’ala.

Artinya:

“Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala”

Kita memang diperintahkan untuk berusaha dan berikhtiar dengan baik dan sungguh-sungguh, tetapi sebagai orang yang beriman kita harus menjalani segala aktivitas kita dengan penuh penyerahan diri kepada Allah swt. Tuhan Yang Maha Kuasa, tanpa ada kekuatan manapun yang campur tangan dalam penetapan-Nya. Allah SWT berfirman:

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (QS. Ali Imran:159)

Dari ayat tersebut jelaslah bagi kita bahwa orang yang bertawakkal kepada Allah akan dicintai-Nya. Betapa agungnya sebuah kedudukan yang ditandai dengan kecintaan Allah swt. Dan orang yang melaksanakan akan ditanggung oleh Allah dengan kecukupan. Allah memberikan anugerah dengan mencukupi, menjamin, mencintai, dan menjaganya. Maka sungguh dia telah mendapatkan keberuntungan yang besar. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Barangsiapa yang berserah diri secara penuh kepada Allah Azza wa Jalla, tentu Allah swt. Mencukupi segala kebutuhannya dan memberinya rizki dari yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang menghadapkan diri hanya untuk dunia, maka Allah akan menyerahkannya kepada dunia itu.”

Suka Kue Lainnya?

  1. Doa Niat Puasa Ramadhan
  2. Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan
  3. Keutamaan Puasa dan Keutamaan Bulan Ramadhan
  4. Hikmah Puasa Ramadhan
  5. Doa Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.