Manfaat Puasa

Manfaat Puasa

0

Puasa atau menahan diri diperantahkan langsung oleh Allah swt. Tidak seperti ibadah lain, puasa sejatinya hanya dikhususkan untuk Allah swt, dan Dia akan memberikan ganjaran yang sempurna berupa pahala yang besar bagi orang-orang yang menjalankan perintah puasa.

Ada dua jenis puasa yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib yakni dilaksanakan pada bulan Ramadhan dan puasa sunnah ada beberapa jenis yang dianjurkan, antara lain puasa Daud, puasa Senin Kamis, Puasa Syawal, Puasa Syaban dan sebagainya. Baik puasa wajib maupun sunnah memiliki manfaat yang besar.

puasa 138 300x225 Manfaat Puasa

Manfaat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa yang wajib dikerjakan bagi umat muslim yang beriman. Manfaat puasa Ramadhan antara lain :

1. Menghapus dosa yang telah lalu dan yang akan datang

Ini adalah janji Allah swt. Allah akan memberikan ganjaran pahala yang melimpah dan menghapuskan dosa di masa lalu maupun yang akan datang. Jika mereka benar-benar berpuasa dengan mengharap ridha Allah swt.

2. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Puasa yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh mengharapkan ridha Lillahi Ta’ala akan meningkatkan ketaqwaan. Allah swt, hanya memandang manusia dari tingkat ketaqwaan mereka, maka beruntunglah bagi mereka yang bertaqwa kepada Allah swt.

3. Meningkatkan derajat di sisi Allah SWT

Seiring dengan meningkatkatnya ketaqwaan, Allah akan mengangkat derajat mereka yang berpuasa Ramadhan.

4. Bersyukur

Puasa memberikan kesulitan dengan pengujian rasa lapar dan haus, dengan ujian itu maka diharapkan mereka yang berpuasa dapat lebih bersyukur atas nikmat yang tak terhitung jumlahnya yang diberikan oleh Allah SWT.

 

Manfaat Puasa Sunah

Ada banyak puasa sunnah yang dianjurkan, tetapi disini saya hanya membahas dua, yakni manfaat puasa Daud dan manfaat puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Daud

1. Membersihkan diri dan mendapatkan ketenangan jiwa

Orang yang berserah diri kepada Allah swt. akan sangat tenang dan tenteram jiwanya. Ini adalah manfaat puasa yang sangat besar. Kebahagiaan dunia tidak ada bandingannya dari kebahagiaan di akhirat.

2. Melatih disiplin

Berpuasa memerlukan disiplin yang tinggi, bangun malam untuk sahur, meskipun hukumnya sunnah namun memiliki berkat yang baik. Dengan berpuasa, maka dengan sendirinya diri akan dilatih tentang kedisiplinan.

3. Ketajaman batin

Puasa itu mematikan rasa dan menghidupkan rohani. Rohani disini adalah batin, dan rasa adalah tubuh. Jika orang yang berpuasa mampu mematikan rasa mereka, sesungguhnya derajat merekalah yang paling tinggi dibandingkan dengan orang lain.

4. Segala Doa akan di ijabah

Ini adalah keutamaan puasa Daud. Allah akan memberikan keutamaan mengijabah do’a mereka yang berpuasa Daud.

5. Manfaat puasa Daud secara lengkap dapat dibaca di sini.


Manfaat Puasa Senin Kamis

1. Sabar dan tawakal

Allah akan memberikan anugerah kesabaran yang sangat luar biasa bagi mereka yang menjalankan puasa Senin Kamis.

2. Rejeki yang melimpah

Beruntunglah bagi mereka yang menjalankan puasa sunnah. Rejeki datangnya dari Allah swt, dan mereka yang menjalankan puasa Senin Kamis akan diberikan rejeki yang tak terduga-duga.

3. Dimudahkan dalam segala urusan

Allah akan memudahkan segala urusan baik dunia maupun akhirat bagi mereka yang menjalankan puasa Senin Kamis.

 

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Selain manfaat puasa bagi kerohanian di atas, puasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas secara khusus tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Silahkan klik link tersebut untuk informasi lebih lengkap.

Suka Kue Lainnya?

  1. Hikmah Puasa
  2. Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
  3. Macam-Macam Puasa
  4. Puasa Sunnah
  5. Puasa Syawal
Detail : Artikel

Comments are closed.