Hikmah Puasa

Hikmah Puasa

0

Puasa berarti menahan. Secara umum diartikan sebagai aktivitas menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Puasa dibagi menjadi dua yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Dan puasa sunnah misalnya puasa daud, puasa senin kamis, puasa 6 hari di bulan Syawal dan sebagainya.

Banyak sekali hikmah puasa yang bisa kita dapatkan. Hikmah puasa Ramadhan sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Nah, sekarang saya akan membahas tentang hikmah puasa senin kamis dan hikmah puasa Daud.

 Hikmah Puasa

Hikmah Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis merupakan amalan sunnah, yang memiliki arti penting menurut pandangan Allah SWT. Sesuai dengan janjinya, Allah akan memberikan pahala berlipat ganda kepada orang yang mengerjakan puasa sunnah ini. Dalam Hadits Qudsy, diterangkan :

“Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat.”

(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Meskipun mengandung makna puasa yang sangat umum, tetapi puasa senin kamis merupakan puasa yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW, untuk menjaga ketaqwaan seorang muslim. Hikmah yang dapat kita petik dari puasa senin kamis antara lain :

Menghindarkan kita berbuat maksiat

Puasa senin kamis menjadi rambu-rambu setiap langkah kita dan menjadi penuntun menuju kebaikan dan selalu mengingatkan kita kepada Allah SWT.

Puasa sunnah senin kamis menjadikan kita mawas diri

Mawas diri berarti menjauhkan sikap tercela dan sombong. Niscaya kita akan selalu merasa dekat dengan Allah SWT. Semakin sering menjalankan puasa sunnah, semakin baik pula tempat kita di sisi Allah.

Jaminan Surga

Secara jelas diterangkan dalam Al-Qur’an bahwa, Allah SWT telah menyediakan surga bagi hamba-Nya yang bertaqwa dan beriman serta beramal saleh. Salah satu jalan untuk menuju ketaqwaan disamping menjalankan syariat Islam adalah dengan berpuasa sunnah. Sesungguhnya tidak ada tempat yang lebih baik dari surga. Karena disanalah tempat yang kekal bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

 

Hikmah Puasa Daud

Asal muasal puasa Daud, dikisahkan dalam hadits. Dimana seorang pengikut Nabi Muhammad SAW, menanyakan kepada Nabi tentang puasa sunnah yang baik. Nabi menjawab yang tersurat dalam sebuah hadist

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah masa (tahun), yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” ( Shahih Muslim, 1971)

“Beliau (Nabi Daud As) biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” (HR Bukhari)

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan puasa Daud kepada umat muslim ? Apakah hikmah puasa Daud ? Hikmah puasa Daud antara lain :

Meningkatkan Ketaqwaan

Tidak lain dan tidak bukan, tujuan dari puasa adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan mendekatkan diri kepada-Nya melalui puasa, maka kita akan terjaga dari api neraka dan ditempatkan ditempat terbaik di sisi Allah SWT.

Mempertajam Perasaan

Percaya atau tidak, dengan menjalankan puasa Daud, perasaan kita akan semakin tajam, selalu mawas diri dan terlindung dari segala kejahatan.

Mendapatkan Tempat Utama

Salah satu hikmah yang paling utama dari puasa Daud adalah mendapatkan tempat utama, dimana setiap doa dari orang yang menjalankan puasa Daud akan diijabah dan diutamakan. Ibarat seribu orang yang tidak menjalankan puasa Daud berkumpul dan berdoa kepada Allah, dan hanya satu orang yang menjalankan puasa Daud berdoa kepada-Nya, maka Allah mengutamakan satu orang yang menjalankan puasa Daud.

Menambah Pengetahuan

Ini diluar kendali kita, Allah memberikan pengetahuan yang tidak diduga-duga kepada orang yang melaksanakan puasa Daud. Seluruh pengetahuan berasal dari Allah, dan beruntunglah bagi mereka yang melaksanakan puasa Daud, karena Allah akan menganugerahkan ilmu yang istimewa kepadanya.

Suka Kue Lainnya?

  1. Manfaat Puasa
  2. Puasa Sunnah
  3. Hikmah Puasa Ramadhan
  4. Macam-Macam Puasa
  5. Puasa Syawal
Detail : Artikel

Comments are closed.