Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

0

Ada begitu banyak pendapat berkaitan dengan hal-hal yang membatalkan puasa yang mungkin menjadi perdebatan antara yang satu dengan yang lainnya. Namun beberapa memiliki kesamaan pendapat, seperti misalnya menurut Madzab Malikiyah dan Madzab Hanafiyah. Pendapat mereka memiliki inti yang sama.

yang membatalkan puasa 221x300 Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Kesimpulan dari pendapat kedua madzab tentang hal-hal yang membatalkan puasa antara lain:

  1. Jima atau bersetubuh dengan pasangan yang mengharuskan junub.
  2. Timbulnya syahwat yang mengakibatkan keluar mani secara tidak sempurna, seperti bercumbu, melihat, atau hanya sekedar berfantasi membayangkan hal-hal seksual.
  3. Secara sengaja memuntahkan dari mulut, atau kemudian muntahannya itu masuk kembali ke dalam perut, meskipun hal yang kedua ini dilakukan tanpa sengaja, maka batallah puasanya.
  4. Masuknya cairan hingga ke tenggorokan atau masuk ke bagian tubuh baik melalui hidung, mulut, telinga, anus dan sebagainya. Kecuali suntikan yang hanya mengandung obat untuk kesembuhan penyakit, berbeda halnya dengan infus yang mengandung cairan gizi dan atau makanan.

 

Yang Membatalkan Pahala Puasa

Puasa merupakan ujian untuk menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya. Namun tidak hanya sebatas itu saja, puasa ditujukan hanya kepada Allah swt, demikian dengan seluruh perbuatan, dan perkataannya harus selalu dibawah koridor rambu-rambu ketaqwaan kepada Allah swt.

Allah hanya akan memberikan ganjaran pahala kepada mereka yang bertaqwa kepadaNya, dan beramal soleh kepada sesamanya. Hal yang membatalkan pahala puasa antara lain :

  1. berkata tidak jujur ataupun tidak menepati janji,
  2. tidak mampu menahan diri dari amarah ketika datang ujian yang memicu emosinya,
  3. mengumpat karena ketidakpuasan terhadap sesuatu,
  4. menggunjing atau membicarakan hal-hal yang negatif tentang orang lain,
  5. Terlintas niat untuk berbuka, meskipun pada akhirnya ia tidak makan dan tidak minum. Tetapi, pengalihan niat itu merusak niat puasa hanya untuk Allah swt.
  6. Berkata kotor atau tidak beretika dalam berucap
  7. Berkata yang tak jelas, atau omong kosong, berbicara yang tidak penting
  8. Bercanda yang berlebihan, bersenda gurau yang melewati batas, karena Allah SWT, sesungguhnya tidak suka hal-hal yang berlebihan atau melewati batas.
  9. Tidur seharian, dengan tidak mengerjakan apa-apa agar tidak merasa haus dan lapar

Bersihkan hati dan luruskan niat, niscaya kita akan mendapatkan barokah puasa Ramadhan di tahun ini. Sehingga kita tidak hanya berlapar-lapar sahaja. Semoga Allah memberikan kekuatan dan meningkatkan ketaqwaan kita dan menjadikan kita masuk golongan jannah. Amin

Suka Kue Lainnya?

  1. Yang Membatalkan Puasa
  2. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  3. Doa Puasa Ramadhan
  4. Pahala Puasa Ramadhan
  5. Tata Cara Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.