Hakekat Puasa Ramadhan

Hakekat Puasa Ramadhan

0

Jika kita takut kepada azab Allah swt, tentunya kita akan melaksanakan segala perintah dan meninggalkan segala hal yang dilarangNya. Demikian juga dengan perintah wajib berpuasa di bulan Ramadhan. Hakekat puasa pada intinya adalah untuk bertaqwa kepada Allah SWT.

Sebagai orang yang beriman kita mesti takut terhadap murka dan azab Allah swt. dengan begitu kita akan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhi hal-hal yang mengandung murka Allah. Di samping itu, kita juga harus berharap terhadap rahmat dan anugerah kenikmatan Allah swt., lalu kita berusaha secara optimal untuk melakukan hal-hal yang menyebabkan keridhaan Allah swt.

Sesungguhnya kita tidak dibenarkan takut kepada selain Allah swt., semestinya kita hanya takut kepada-Nya. Allah swt berfirman:

“Maka janganlah kamu takut kepada manusia dan takutlah kepada-Ku.” (QS. Al-Maidah:44).

“Karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. Ali-Imran:75).

ramadanKareem Hakekat Puasa Ramadhan

Hakekat Ramadhan

Seperti telah disinggung di atas, bahwa hakekat puasa Ramadhan adalah ketaqwaan kepada Allah swt. Puasa meningkatkan pengabdian, dan membawa seorang muslim lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hakekat Ramadhan menciptakan pengakuan bahwa semua yang kita miliki dalam hidup ini adalah berkat dari Dia. Ini mengajarkan pengendalian diri atau pengekangan, dengan perilaku yang baik, ucapan baik, dan kebiasaan yang baik.

Puasa selama bulan Ramadhan adalah salah satu pilar utama Islam, dan ini juga dicatat dalam sabda Nabi Muhammad saw yang mengatakan: “Islam didasarkan pada lima prinsip:

Untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah; Untuk mendirikan shalat; Membayar zakat; Untuk melakukan ibadah Haji; Berpuasa selama bulan Ramadhan “diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Umar.

Dan ketika seseorang menggabungkan kebajikan seperti seperti doa, puasa dan amal (tiga dari lima rukun Islam) selama bulan Ramadhan, yang digambarkan sebagai bulan berkat ketika Al Qur’an diturunkan, Allah menjanjikan pahala besar. Muhammad SAW, Rasul Allah bersabda:

“Barangsiapa mendirikan shalat malam selama Ramadhan setia dari iman yang tulus dan berharap untuk mencapai Penghargaan Allah (tidak untuk pamer), semua dosa-dosa masa lalunya akan diampuni.” (HRBukhari: Abu Hurairah)

Bagi seorang muslim, ketaqwaan kepada Allah swt, dapat dicapai melalui puasa – karena sesungguhnya, kejahatan atau nafs (egois, jahat, sombong dan sebagainya) tidak dapat dijinakkan tanpa taqwa, yang dapat diperoleh di bulan yang diberkati yakni Ramadhan.

Suka Kue Lainnya?

  1. Khutbah Puasa Ramadhan
  2. Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan
  3. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  4. Ayat Tentang Puasa Ramadhan
  5. Rahasia Puasa Ramadhan
Detail :
Hakekat Puasa Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 17 Rating: 5.0
Artikel

Comments are closed.