Fadilah Puasa Ramadhan

Fadilah Puasa Ramadhan

0

Bersyukur dan berbahagialah kita segenap umat muslim karena dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan, agar kita dapat mensucikan dosa-dosa kita yang telah lalu dan meningkatkan taqwa kita kepada Allah yang maha agung. Banyak sekali fadhilah puasa Ramadhan dan telah disampaikan Allah melalui Rasul-Nya.

Al Baqarah 184 Fadilah Puasa Ramadhan

Fadilah Bulan Ramadhan

“Wahai segenap manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung penuh berkah, bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa di siang harinya sebagai kewajiban, dan qiyam di malam harinya sebagai sunah. Barangsiapa menunaikan ibadah yang difardukan, maka pekerjaan itu setara dengan orang mengerjakan 70 kewajiban.

Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan merupakan bulan santunan, bulan yang di mana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.” (HR Khuzaimah).

Abu Sa’id Al khudri ra. Berkata : Rasulullah saw bersabda: “ Tidak seorang yang berpuasa sehari saja melainkan karena Allah, maka akan dijauhkan wajahnya dari api neraka jarak 70 tahun.” (HR. Bukhori, Muslim)Di Masukan Jannah (Surga) Melalui Babur Royyan

Dari penggalan hadist tersebut di atas, ada beberapa fadhilah puasa Ramadhan yang dapat dipetik, diantaranya:

Pertama, bulan yang agung (syahrul azhim). Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan dan diagungkan oleh Allah swt.

Kedua, syahrul mubarak. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, karena Allah melimpahkan keberkahan bagi umat yang menjalankan ibadah puasa dengan pahala berlipat-lipat.

Ketiga, syahru shiyam. Puasa adalah salah satu rukun Islam yang sangat penting untuk menyempurnakan keislaman dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt.

Keempat, syahru nuzulil qur’an. Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah 185 dijelaskan:

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).”

Kelima, bulan santunan (syahrul musawwah). Ramadhan penuh barokah, maka dianjurkan bagi kita umat Muslim untuk memberikan santunan kepada orang yang membutuhkan. Perhatikan saudara, tetangga, lingkungan kita dan tingkatkan ukhuwah antar umat manusia. Maka kita akan mendapatkan rejeki dari Allah berkali-kali lipat daripada apa yang kita santunkan.

Keenam, bulan sabar (syahrus shabr). Ramadhan bukan hanya sekedar berlapar-lapar dan menahan haus. Lebih dari itu, kita dilatih menahan segala sesuatu yang dapat merusak atau membatalkan puasa. Orang yang memiliki kesabaran akan dibalas dengan surga.

Begitu banyak fadilah puasa ramadhan yang dapat dipetik. Semoga kita mendapatkan keutamaan disisi Allah swt dan selalu diberikan limpahan rahmat dan barokah, serta diampuni segala dosa-dosa yang telah lalu. Amin.

Suka Kue Lainnya?

  1. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  2. Ayat Tentang Puasa Ramadhan
  3. Tujuan Puasa Ramadhan
  4. Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan
  5. Hakekat Puasa Ramadhan
Detail :
Fadilah Puasa Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 7 Rating: 5.0
Artikel

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.