Doa Niat Puasa Ramadhan

Doa Niat Puasa Ramadhan

0

Bulan puasa telah datang, umat muslim hukumnya wajib untuk menjalankan puasa. Oleh karena itu, kita harus menyatukan niat berpuasa tidak lain karena Allah swt. yang dilafalkan pada malam hari, sebagai syarat sahnya puasa.

“Barangsiapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196), dan Ibnu Majah no. 1700)

Dalam hadist diatas sangat jelas diterangkan, bahwa niat adalah syarat sahnya puasa dan harus diucapkan sebelum terbitnya fajar. Kecuali jika orang yang mengetahui kabar hilal Ramadhan setelah terbitnya fajar, jika orang tersebut berpuasa, maka puasanya syah. Karena tidak mungkin baginya mengucapkan niat pada malam harinya.

Doa Niat Puasa

Doa Niat dan Buka Puasa 887x1024 Doa Niat Puasa Ramadhan

Insyaallah dengan melafalkan doa niat puasa Ramadhan pada malah hari, setelah menunaikan shalat sunnah tarawih, dan menyegerakan berbuka dengan berdoa niat buka puasa ketika adzan maghrib berkumandang, kita mendapatkan pahala puasa sesuai dengan yang dijanjikan Allah swt. Amin

Suka Kue Lainnya?

  1. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  2. Tata Cara Puasa Ramadhan
  3. Sejarah Puasa Ramadhan
  4. Tips Puasa Ramadhan
  5. Doa Puasa Ramadhan
Detail : Artikel

Comments are closed.