Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan

Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan

0

Kita sebagai umat muslim memiliki kewajiban puasa di bulan Ramadhan, sebagaimana junjungan kita Nabi Muhammad saw. melakukan dan memerintahkan kepada kita, beliau bersabda :

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadlan, bulan yang diberkati ALLAH memerintahmu berpuasa di dalamnya. Dalam bulan Ramadlan dibuka segala pintu surga, dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu segala syaitan. Dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa tidak diberikan kepadanya kebajikan malam itu, berartilah telah diharamkan baginya segala rupa kebajikan.” Diriwayatkan Ahmad, An Nasa-i dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah RA.

Dari mulai datangnya bulan Ramadhan, Nabi Muhammad saw. Bertahniyah atau mengucapkan selamat datang sebagai wujud kegembiraan Beliau atas kedatangan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Diriwayatkan oleh Ath Thabrani, Rasulullah bersabda :

“Telah datang kepadamu bulan Ramadlan, penghulu segala bulan. Maka selamat datanglah kepadanya. Telah datang bulan puasa membawa segala rupa keberkatan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu. “

marhaban ya ramadhan Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan

Cara Puasa

Cara puasa Nabi di bulan Ramadhan adalah seperti apa yang dijalankan oleh kita sekarang sebagai umat muslim. Sebulan penuh, Nabi Muhammad saw menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

“Adalah Rasulullah SA W. kadang-kadang terus-menerus berpuasa, hingga kami mengatakan, bahwa beliau tidak berbuka-buka, dan kadang-kadang terus-menerus berbuka, hingga kami mengatakan, bahwa beliau tidak pernah berpuasa sunnat. Namun demikian saya tidak pemah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa sebulan penuh selain bulan Ramadlan, dan saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa sebagai puasa di bulan Sya ‘ban. ” Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari ‘Aisyah.

Mengenai keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan, Nabi bersabda yang diriwayatkan oleh lbn Khuzaimah dari Salman RA

“Rasulullah SA W. pada hari terakhir dari bulan Sya’ban berkhothbah di hadapan kami. Maka, beliau bersabda: “Wahai manusia, sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkatan, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang ALLAH telah menjadikan puasaNya suatu fardlu dan qiyam di malam harinya suatu tathauwu’. Barangsiapa mendekatkan dirinya kepada ALLAH dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardlu di bulan yang lain. Dan barangsiapa menunaikan suatu fardlu di dalam bulan Ramadlan, samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardlu di bulan yang lain. Ramadlan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu, pahalanya adalah surga. Ramadlan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan bulan Allah menambah rezki para mu ‘min di dalamnya. Barangsiapa memberi makanan berbuka di dalamnya kepada seseorang yang berpuasa, adalah yang demikian itu merupakan pengampunan bagi dosanya dan kemerdekaan dirinya dari neraka. Orang yang memberikan makanan berbuka puasa, baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakan puasa itu, tanpa sedikitpun berkurang. “

Rasulullah selalu menyegerakan berbuka ketika datang waktu berbuka, dan Beliau selalu memakan kurma untuk membatalkan puasa, kurma sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan kalori tinggi. Kemudian Rasulullah selalu mengerjakan shalat maghrib setelahnya.

Suka Kue Lainnya?

  1. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  2. Keutamaan Puasa dan Keutamaan Bulan Ramadhan
  3. Tata Cara Puasa Ramadhan
  4. Hukum Puasa Ramadhan
  5. Dalil Puasa Ramadhan
Detail :
Cara Puasa Nabi Di Bulan Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 11 Rating: 5.0
Artikel

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.