Ayat Tentang Puasa Ramadhan

Ayat Tentang Puasa Ramadhan

0

Puasa Ramadhan jelas hukumnya wajib bagi umat Muhammad saw. Ayat tentang puasa telah difirmankan oleh Allah dalam Alqur’an surat Al-Baqarah :

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa “( QS Al- Baqarah : 183 )

Ayat tentang puasa di atas, telah mengandung perintah secara umum bagi orang yang beriman untuk berpuasa, dan Allah melanjutkan dalam firmannya, dibawah ini yang secara khusus memerintahkan umat muslim berpuasa di bulan Ramadhan.

“Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelas an mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dengan yang bathil ), karena itu barangsiapa diantara kamu menyaksikan (masuknya bulan ini ), maka hendaklah ia puasa… ” ( Al-Baqarah : 185).

Ayat tersebut adalah ayat utama sebagai landasan perintah untuk berpuasa bagi kaum muslimin. Puasa Ramadhan menjadi landasan keimanan Islam seseorang. Nabi Muhammad saw bersabda :

“Islam didirikan di atas lima perkara: Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah. Mendirikan Shalat, mengeluarkan Zakat puasa di bulan Ramadhan, menunaikan haji ke Ka’bah. ( HR.Bukhari  Muslim ).

al quran 1 300x224 Ayat Tentang Puasa Ramadhan

Kewajiban Puasa

Kewajiban berpuasa sebagai indikator keimanan, jika mereka meninggalkan kewajiban itu maka sungguh lemah bangunan keimanan Islamnya. Ibarat suatu bangunan tanpa pondasi yang kuat, maka dapat dipastikan bahwa bangunan itu akan runtuh.

Puasa Ramadhan dapat membersihkan diri kita dari dosa-dosa yang telah lalu dan akan datang. Hal ini disabdakan oleh Nabi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhary Muslim.

“Barangsiapa puasa Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang sekarang”

Begitu besar ganjaran yang didapatkan apabila kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Maka sambutlah datangnya Ramadhan dengan gembira, karena Allah membukakan pintu surga dan menutup pintu neraka di bulan ini.

“Diriwayatkan dari Urfujah, ia berkata : Aku berada di tempat ‘Uqbah bin Furqad, maka masuklah ke tempat kami seorang dari Sahabat Nabi saw. ketika Utbah melihatnya ia merasa takut  padanya, maka ia diam. Ia berkata: maka ia menerangkan tentang puasa Ramadhan ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda tentang bulan Ramadhan: Di bulan Ramadhan ditutup seluruh pintu Neraka, dibuka seluruh pintu Jannah, dan dalam bulan ini Setan dibelenggu. Selanjutnya ia berkata : Dan dalam bulan ini ada malaikat yang selalu menyeru : Wahai orang yang selalu mencari/ beramal kebaikan bergembiralah anda, dan wahai orang-orang yang mencari/berbuat kejelekan berhentilah ( dari perbuatan jahat) . Seruan ini terus didengungkan sampai akhir bulan Ramadhan.” (Riwayat Ahmad dan Nasai )

Sungguh jelaslah ayat tentang puasa Ramadhan di atas. Sebagai umat muslim yang beriman, kita harus melaksanakan perintah Allah agar kita dapat lebih dekat dan mendapatkan ridhaNya.

Suka Kue Lainnya?

  1. Fiqih Puasa Ramadhan
  2. Niat Puasa Bulan Ramadhan
  3. Khutbah Puasa Ramadhan
  4. Ibadah Puasa Ramadhan
  5. Hukum Puasa Ramadhan
Detail :
Ayat Tentang Puasa Ramadhan Reviewed by KueKering Lebaran on Jul 14 Rating: 5.0
Artikel

Comments are closed.